MRA Berita Unik: 10 Daftar makanan yang berkolestrol tinggi

Kamis, 26 Juli 2012

10 Daftar makanan yang berkolestrol tinggi

Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Kolesterol yang tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk, tapi orang yang kurus tidak berarti kolesterolnya rendah. Ini juga dapat menimpa orang-orang yang masih muda. Berbagai kalangan umur, harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar dapat menjaga kolesterol dalam darahnya tetap normal.

Berikut adalah makanan kita sehari-hari yang mengandung kolestrol tinggi:

1. Otak: 

 
Tekstur yang lembut, rasa gurih yang khas, serta aroma yang menggoda, membuat otak menjadi makanan yang banyak digemari di beberapa belahan dunia. Di indonesia biasanya otak diolah dengan cara dipepes, digoreng, digulai dll. Akan tetapi, berapa banyak orang yang tahu dan peduli mengenai kadar kolestrol dari otak ?
kadar kolestrol : 2000-3000

2. Cumi-cumi:

 
Cumi-cumi merupakan salah satu makanan sumber protein yang banyak disukai. Sering dijumpai pada berbagai jenis Chinese food, dan disukai oleh penggemar seafood. Di indonesia cumi-cumi biasa diolah dengan cara digoreng, ditumis, asam-manis, bumbu hitam dll.
kadar kolestrol : 1170
  
3.Telur Puyuh:


 
Telur puyuh tidak sepopuler telur ayam atau telur bebek, apalagi banyak orang menganggapnya sebagai sumber kolesterol. Padahal, nilai gizinya baik untuk janin hingga kaum lansia.
Dengan berat 10 gram hingga 12 gram, satu butir telur puyuh berisi banyak unsur yang dibutuhkan agar tubuh menjadi sehat. Nilai gizi telur puyuh tiga hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam, yang memiliki berat 50 hingga 70 gram per butir.
Telur puyuh mengandung 13 persen protein, telur ayam hanya 11 persen. Selain itu, telur puyuh mengandung 140 mu-g vitamin B1, bandingkan dengan 50 mu-g yang ada di telur ayam. Kandungan vitamin A dan B2 telur puyuh dua kali telur ayam. Di indonesia telur puyuh biasa diolah dengan cara direbus, sate, balado, bacem dll.
Kadar kolestrol : 3000

4.Jeroan:

 
 Bagi sebagian orang, makan soto babat, sup lidah sapi, paru goreng, atau sate hati merupakan kenikmatan tersendiri.
jeroan adalah bagian-bagian organ dalam tubuh hewan yang sudah dijagal. Biasanya yang disebut jeroan adalah semua bagian, kecuali daging utama, otot, dan tulang. Tergantung budaya setempat, jeroan dapat dianggap sebagai sampah atau sebaliknya, justru sebagai bahan pangan yang mahal.
Di beberapa negara seperti Amerika, jeroan tidak biasa dikonsumsi manusia.Jeroan umumnya dibuang atau untuk pakan ternak karena dianggap membahayakan kesehatan. Namun, di beberapa negara Eropa, seperti Italia, Spanyol, Skotlandia, Yunani, Turki, dan Rumania, jeroan biasa diolah sebagai salah satu masakan tradisional yang menggugah selera. Di Inggris, jeroan biasa dimasak sebagai steik.
Di Jepang, jeroan ayam biasanya diolah sebagai campuran yakitori, yaitu sate berbahan dasar daging ayam diselang seling kulit, hati, jantung, atau ampela, yang dihidangkan bersama sake.
Di Brasil, ada menu bernama churrasco,berupa jantung ayam panggang dan feijoada, yaitu rebusan kacang merah atau kacang hitam dicampur daging dan jeroan sapi. Di Lebanon, jeroan sangat populer dibuat nikhaat, yakni otak kambing berbumbu sebagai isi roti.
Kadar kolestrol : 300-500

5. Kerang & Siput:
 

 
Kerang termasuk molusca, yaitu adalah hewan dengan tubuh lunak yang tertutup oleh cangkang. Kerang merupakan jenis bivalvia karena memiliki dua cangkang. Kerang merupakan salah satu seafood yang populer karena kelezatannya. Di indonesia biasanya kerang dan siput diolah dengan cara tumis, masak saus tiram, masak saus padang, rebus, asam-manis dll.
Kadar kolestrol : 160

6. Belut:

 
Bentuknya memang menggelikan. Terutama bagi para wanita. Licin, dengan bentuk badan memanjang seperti ular. Namun, siapa yang menyangka dibalik bentuknya yang menggelikan tersebut; kandungan kolestrol ternyata cukup banyak.
Jika dikelompokkan berdasarkan sukunya, belut termasuk kedalam bangsa ikan dari suku synbranchidae. Belut hanya ditemukan di daerah beriklim tropis. Di indonesia biasanya belut diolah dengan digoreng, bumbu cabe hijau, krengsengan dll.
Kadar kolestrol : 185

 7.Mentega:
   
Mentega adalah ialah produk makanan susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol. Mentega hampir sama dengan roombutter tetapi roombutter adalah mentega yang wanginya tajam dan berwarna putih.
Jenis Mentega dibedakan berdasarkan cita rasa, tekstur, dan warnanya. Dilihat dari bahan dasarnya, mentega terbagi atas dairy butter yaitu mentega yang terbuat dari krim segar, dan creamy butter yaitu mentega dengan bahan dasar krim yang diperam. Berdasarkan penambahan garam yang berpengaruh terhadap rasa dibedakan menjadi mentega tawar (Unsalted butter) dan mentega asin (salted butter). Berdasarkan proses fermentasinya dibedakan menjadi mentega dengan fermentsi (pasteurized cream) dan mentega tanpa pasteurisasi (unpasteurized cream). Sedangkan berdasarkan jenis starternya dibedakan menjadi mentega krim manis (sweet cream butter) dan mentega tanpa starter atau mentega krim asam (sour cream butter).
Kadar kolestrol : 300

8. Cokelat:

 
Coklat dengan kandungan kakao (biji coklat) lebih dari 70% juga memiliki manfaat untuk kesehatan, karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan adanya antioksidan, akan mampu untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan.
Coklat biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa kasih sayang untuk pasangan. Selain lezat, cokelat memang dikenal bermanfat untuk kesehatan.
Riset dan penelitian banyak yang membuktikan bahwa coklat memiliki khasiat untuk kesehatan. Zat bio-aktifnya berupa anti oksidan memang diyakini bermanfaat dari sisi medis, dan secara psikologis mengkonsumsi coklat pun dapat menimbulkan rasa nyaman.
Meskipun begitu jangan sampai terperdaya dengan khasiat dari makanan manis nan lezat ini. Ada baiknya mempertimbangkan lagi atau pun lebih bijaksana memilih produk coklat, karena bukan mustahil Anda justru akan mendapat kerugiannya ketimbang manfaat yang diharapkan dari makanan ini.
Kadar kolestrol : 290

9. Udang:

 
Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Di indonesia biasanya udang diolah dengan cara tumis, goreng, asam-manis, bumbu pedas, dll.
Kadar kolestrol : 160

10. Kepiting:

 
Kepiting merupakan jenis lain dari makanan laut yang ditemukan di semua samudra di dunia. Ada banyak jenis kepiting kepiting termasuk, kepiting bunga, kepiting salju, kepiting biru, dan kepiting lumpur.
Hewan satu ini bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat seperti kepiting asam manis, kepiting bumbu lada hitam, kepiting gulai, asparagus kepiting bahkan omelet kepiting.
Kadar kolestrol : 150   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar